Belajar Berwirausaha melalui Koperasi Mahasiswa

Oleh: Avita Nur Hamida

Koperasi Mahasiswa atau lebih sering disebut kopma adalah sebuah Lembaga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Sesuai dengan namanya, koperasi yang dikelola oleh mahasiswa ini pun beranggotakan mahasiswa pula. Hampir seluruh perguruan tinggi di onesia memiliki Koperasi Mahasiswa sebagai salah satu wadah mengembangkan at dan bakat mahasiswa.

Minat dan bakat mahasiswa sangat perlu dan bahkan harus diasah dengan baik, bab banyak sekali sarjana justru berprofesi tidak sesuai dengan ijazah kuliahnya. zah tidak akan banyak membantu selagi tidak diimbangi dengan kemampuan atau eatifitas yang ada dalam diri.

Di era kompetitif seperti sekarang ini, banyak sekali bermunculan lapangan kerjaan baru. Akan tetapi pengangguran juga masih tetap menjadi masalah yang tidak sa disepelekan. Sebab tingkat pengangguran menentukan status ekonomi negara rsebut. Maka dari itu, setiap orang dirasa perlu mengubah pemikirannya. Mereka tidak arus sulit-sulit mencari pekerjaan sana-sini, mengajukan lamaran pekerjaan untuk menjadi pegawai atau karyawan dan memilik seorang bos. Akan tetapi sebenarnya etiap orang bisa memulai untuk menjadi wirausaha. Dimana wirausaha berarti memiliki usaha sendiri dan dikelola sendiri, tidak ada bos dan tidak perlu bertanggung awab atas kinerjanya kepada orang lain.

Untuk menumbuhkan jiwa wirausaha tersebut, salah satunya adalah melalui koperasi. Dan untuk bergabung dalam koperasi pun dapat dimulai sejak berada di bangku perkuliahan, yaitu koperasi mahasiswa atau Kopma.

Melalui koperasi mahasiswa, kita dapat belajar mengenai koperasi lebih awal sembari menyelesaikan kuliahnya. Salah satunya adalah tentang usaha yang kemudian dapat di jadikan bekal untuk menjadi wirausaha muda. Karena semakin banyak terciptanya wirausahawan berkualitas maka akan semakin banyak pula jumlah lapangan pekerjaan yang kemudian dapat mengangkat pendapatan ekonomi masyarakat dan berperan dalam mengurangi jumlah pengangguran.

Melalu koperasi mahasiswa, kita dapat belajar bagaimana mengelola usaha secara mandiri. Mulai dari perencanaan, pemasaran, hingga pembukuan atau penghitungan modal dan labanya, dengan begitu, kita tidak perlu bekerja pada orang lain.

Karena di era milenial seperti sekarang ini, persaingan dagang sangat tidak dapat diprediksi. Mulai dari jenis barang yang dijual, pengemasan, hingga pemasarannya pun selalu berkembang. Akan kalah saing jika kita tidak selalu aktif berinovasi, akan tenggelam jika kita tidak selalu mengupdate produk. Nah, dalam koperasi mahasiswa kita dapat berlatih mengenai itu semua. Kita dapat belajar bersama bagaimana berwirausaha yang baik. Selain berwirausaha, kita juga dapat belajar bagaimana bekerja sama dalam tim. Jadi dapat disimpulkan bahwa koperasi mahasiswa adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki peran besar dalam menumbuhkan jiwa wirausaha lebih awal yaitu sejak di bangku perkuliahan. Koperasi mahasiswa dapat memberikan pengalaman yang cukup luas selain keorganisaian yaitu usaha, bekerja sama, marketing, publick relation, keuangan, dan keadministrasian.

You May Also Like

About the Author: kopmaws

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *