Meningkatkan “Critical Thingking” dan Pemahaman Kepenulisan Riset, LSO Kopma-Ws Adakan Pelatihan Kepenulisan Riset

Semarang, 24 Agustus 2023 – Lembaga Semi Otonom (LSO) Koperasi Mahasiswa “Walisongo” UIN Walisongo Semarang mengadakan Pelatihan Kepenulisan Riset yang bertema “Mengenal Dasar-dasar serta mampu Mengetahui Strategi Penyusunan Penelitian yang Efektif dan Berkualitas”. Acara ini terlaksana pada hari Kamis, 24 Agustus 2023 di samping Planetarium UIN Walisongo Semarang, dimulai pukul 1530 WIB hingga pukul 17.15 WIB.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah peserta yang bersemangat meningkatkan kemampuan mereka dalam kepenulisan riset. Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang dasar-dasar kepenulisan riset, strategi penyusunan penelitian yang efektif, serta memahami konsep dasar penelitian, merencanakan penelitian yang sistematis, dan menghasilkan karya riset yang berkualitas.

Salah satu highlight dari seminar ini adalah pemateri yang sangat berkompeten, Kak Yanwar Pratama yang menjabat sebagai Menteri Akademik & Riset DEMA UIN Walisongo tahun 2023. Dipandu oleh Ratnawati sebagai moderator, yang menjabat sebagai divisi Pengembangan Minat Bakat (PMB) LSO Kopma Walisongo tahun 2023, yang dengan cermat mengarahkan diskusi dan pertanyaan dari para peserta, menciptakan lingkungan yang interaktif dan mendukung.

Seminar ini membahas berbagai topik penting, termasuk dasar-dasar kepenulisan riset, peserta diperkenalkan dengan langkah-langkah awal dalam menulis riset, mulai dari pemilihan topik hingga merumuskan masalah penelitian. Hingga mengupass tuntas bagian bagian karya ilmiah dan berbagi tips dan trik untuk merencanakan dan melaksanakan penelitian yang efisien, serta bagaimana menghindari kesalahan umum dalam proses penulisan riset.

Seminar ini memberikan kesempatan berharga bagi para peserta untuk bertemu dan berdiskusi dengan rekan-rekan sejawat mereka, serta memperluas jaringan di bidang penelitian. Peserta seminar merasa sangat terinspirasi dan siap untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam proyek penelitian mereka masing-masing.

Acara ini terbuka untuk semua kalangan, terutama mahasiswa, dan siapa saja yang tertarik untuk meningkatkan kemampuan kepenulisan riset mereka. Kegiatan ini mendapatkan antusias dari mahasiswa UIN Walisongo, khususnya mahasiswa baru. Selain memperoleh pengetahuan tentang kepenulisan riset, peserta juga menerima manfaat berupa E-Sertifikat sebagai penghargaan atas partisipasi mereka, yang dapat mendorong semangat mereka untuk mengikuti kegiatan ini dengan lebih antusias. Selanjutnya, LSO berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan yang lebih menarik lagi.

You May Also Like

About the Author: Kopma Walisongo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *